Skip to main content

Cara Membuat Lampu LED Rumah tanpa Driver



Berikut ini adalah Video tutorial bagaimana cara membuat lampu LED untuk penerangan lampu rumah tanpa driver. Disini saya menggunakan Lampu LED jenis SMD 3528 berwarna putih, tapi sebelumnya saya pernah membuat yang berwarna hijau.

LED yang saya gunakan berjumlah 70 pcs dengan alasan pada keadaan normal tegangan PLN 220VAC, sehingga jika saya menggunakan 70 pcs lampu led maka tiap LED akan mendapatkan tegangan sebesar= 220V/70pcs =3,14 Volt. Tetapi saran saya tetap gunakan kurang lebih 89 LED dengan alasan tegangan listrik PLN maksimum bisa mencapai 311 Volt, maka jika saya menggunakan 89 LED tegangan yang masuk tiap LED adalah 311V/89 =3,5 Volt. jadi kesimpulannya jika kita memakai 70 LED dan tegangan maksimum saat 311V maka tegangan listrik yang masuk tiap lampu smd 3528 adalah 311V/70 =4,44 Volt yang berarti melebihi spesifikasi LED Putih smd3528 yaitu tegangan maksimumnya harus 3,6V. Tetapi sampai saat ini yang saya pakai 70 LED masih aman....hmmm itu terserah anda mau pakai 70 pcs atau 89 pcs...yah coba-coba aja lah.
Berikut adalah Link Video tutorialnya Cara Buat Lampu LED 220V ac tanpa Driver untuk Rumah.

Mau tau berapa watt yang dihasilkan dari lampu LED ini? jika dalam keadaan tegangan PLN normal sebesar 220V maka daya yang akan dihasilkan lampunya adalah 220 x 0,02 (arus LED SMD 3528)= 4,4 Watt. Tetapi Jika dalam keadaan 300V maka daya yang dihasilkan adalah 245V x 0,02A = 4,9 watt dan tegangan yang mengalir tiap LED SMD 3528 sebesar 3,5 volt. Demikianlah penjelasan singkatnya simak video pembuatan lampu LED lainnya tanpa Driver.





Comments

  1. Mas klo kita pake bekas rangkaian lampu lama bisa gak, jadi tinggal disambungin ke lednya...

    ReplyDelete
  2. @Asoka; lampu LHE? kayaknya gak bisa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memasang LED 1 Watt Secar Seri dan Paralel pada Adaptor 12 V 2 A tanpa LED Driver

Postingan kali ini saya akan menjelaskan berapa Lampu LED yang bisa dipasang jika kita menggunakan power supplay tertentu. Sumber listrik yang digunakan bisa  berasal dari berbagai  power supplay atau macam-macam baterai. Berikut adalah contoh perhitungannya dari sumber Adaptor Adaptor  12Volt , Arus 2 Ampere Jika menggunakan adaptor  12 volt dengan arus 2 Ampere maka total daya yang bisa dihasilkan oleh adaptor ini adalah sebesar P=I x V = 2 x 12 = 24 Watt, dimana I adalah Arus dan V adalah Tegangan. Nah...daya yang dihasilkan dari adaptor sebesar 24 watt maka LED yang bisa digunakan maksimal  24 watt juga. Misalnya saya mau memakai LED 1 w dengan arus LED 0,3A dan tegangan 3-3,5 Volt ke adaptor tersebut, maka Jumlah maksimum LED yang bisa saya pakai adalah: Perlu diingat disini saya tidak menggunakan driver LED jadi saya akan pasang led secara seri sebanyak 4 pcs, karena 12 volt dari adaptor dibagi 3 volt dari tegangan led adalah 4 pcs N seri = V adaptor : V LED = 1

Cara Membuat Aluminium PCB untuk Lampu LED

Ide dari video cara membuat aluminium PCB (Printed Circuit Board) ini adalah ketika saya akan membuat lampu LED untuk rumah saya, tetapi kendala yang saya dapat adalah ketika memasang LED SMD 5730 ke PCB. Awalnya saya menggunakan PCB biasa yang berwarna coklat berlapis tembaga tetapi hasilnya tidak memuaskan karena PCB biasa tidak dapat menyerap panas dengan baik dan lampu LED SMD 5730 saya lama kelamaan berubah warna menjadi kuning gelap karena suhu yang terus meningkat sehingga membuat intensitas cahaya chip LED smd 5730 saya menjadi berkurang dan mati. Dengan mencari berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini akhirnya saya menemukan cara bagaimana membuat PCB aluminium di rumah untuk lampu LED saya.  Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aluminium PCB’s : 1.        Aluminium Persegi (atau bentuk apapun boleh) 2.        Tape Tembaga 5mm 3.        Timah 4.        LED SMD 5730 atau SMD 5630 Alat-alat yang dibutuhkan : 1.        Solder timah 2.

Cara Membuat Lampu LED AC 220V 10 Watt

Lampu LED saat ini adalah lampu yang sangat hemat energi di bandi ng dengan pendahulunya yaitu lampu Neon ,CFl atau lampu hemat energi yang berbentuk tornado dari philips dan apa lagi jika dibandingkan dengan lampu Pijar kuning yang masih di pakai hingga saat ini. Video Cara membuat lampu LED 10 Watt disini saya menggunakan lampu LED SMD 5730 dengan specifikasi mempunyai tegangan 3,3-3,6 Volt, Arus maksimum 150mA atau 0,15 Ampere. Chip LED SMD5730 ini berukuran 5,7mm X 3,0 mm, sangat kecil memang tetapi mempunyai daya 0,5Watt tiap CHIP. Jika di ukur menggunakan alat ukur cahaya LED SMD 5730 ini mempunyai luminous flux (kekuatan cahaya-menurut bahasa penulis) sebesar 50-65 lumen (satuan cahaya). Oh iya Lampu LED bisa di beli di  http://luminbox.com/. Dari yang saya baca di kemasan lampu CFL 23 Watt mempunyai Luminous Flux sebesar 1035 Lm. Jadi untuk membuat lampu yang setara dengan kekuatan cahaya tersebut dibutuhkan : 1035 Lm : 65 Lm=15,9 LED SMD 5730  Atau kalau di