Skip to main content

Cara Memasang LED 1 Watt Secar Seri dan Paralel pada Adaptor 12 V 2 A tanpa LED Driver

Postingan kali ini saya akan menjelaskan berapa Lampu LED yang bisa dipasang jika kita menggunakan power supplay tertentu.
Sumber listrik yang digunakan bisa  berasal dari berbagai  power supplay atau macam-macam baterai. Berikut adalah contoh perhitungannya dari sumber Adaptor

Adaptor  12Volt , Arus 2 Ampere

Jika menggunakan adaptor  12 volt dengan arus 2 Ampere maka total daya yang bisa dihasilkan oleh adaptor ini adalah sebesar P=I x V = 2 x 12 = 24 Watt, dimana I adalah Arus dan V adalah Tegangan. Nah...daya yang dihasilkan dari adaptor sebesar 24 watt maka LED yang bisa digunakan maksimal  24 watt juga.
Misalnya saya mau memakai LED 1 w dengan arus LED 0,3A dan tegangan 3-3,5 Volt ke adaptor tersebut, maka Jumlah maksimum LED yang bisa saya pakai adalah:
Perlu diingat disini saya tidak menggunakan driver LED jadi saya akan pasang led secara seri sebanyak 4 pcs, karena 12 volt dari adaptor dibagi 3 volt dari tegangan led adalah 4 pcs
Nseri = Vadaptor : VLED = 12 : 3 = 4 seri.
Trus bagaimana dengan arusnya? Berapa banyak yang bisa diparalel? Nah Adaptor ini mempunya arus 2A maka banyak LED yang bisa diparalel sebanyak :
NParalel = IAdaptor : ILED = 2 : 0,3 = 6,67 paralel dibulatkan ke bawah jadi 6 paralel (tapi terserah mau dibulatkan keatas juga ga apa-apa).
Jadi Berapa jumlah total LED yang dapat dipasang? Jumlahnya adalah banyaknya seri dikali dengan banyaknya paralel , jadi 4 x 6 = 24 pcs LED yang bisa dipakai, berikut adalah cara pemasangan Lampu LED Seri dan Paralel :



cara pasang Lampu LED HPL secara seri dan paralel


Comments

  1. Sangat membantu sekali mas
    singkat dan jelas,kebetulan saya juga sedang mau ngerjain proyek lampu led aquascape (diy).
    dan sangat bisa memangkas biaya pembelian driver yg harganya bisa dibilang sangat mahal.

    Namun yg jadi pertanyan saya, apakah dengan menggunaka adaptor 12v,2A ini sama-sama menghasilkan cahaya led yang mksimal seperti driver 24w?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang dari lednya dikurangi sekitar 0,3-0,4v dari spec. Jadi agak turun sedikit, tapi itu bisa membuat umur led lebih panjang karena kita pakai tegangan dibawag spec lampu led sedikit

      Delete
    2. Mas saya kan mau buat lighting, pake 280 led seri, yang saya tanyakan, harus disuplay berapa A dan Volt berapa ya, dan apakah harus ada rangkaian lainnya?? Terimakasih

      Delete
  2. Kalo untuk led 10watt atau lebih rumusnya bisa pake yg itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau led 10 watt dari sumber 12VDC kasih resistor lagi sebesar 2 Ohm dengan asumsi tegangan LED 10 watt yang dipakai sebesar 10,5V

      Delete
    2. gambar rangkaiannya bagaimana pak kalo adaptor 12V 2 A mau di pakai 1watt X 10 LED

      Delete
  3. Kalo untuk led 10watt atau lebih rumusnya bisa pake yg itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa. lihat cara perhitungannya di "cara buat lampu led USB"

      Delete
  4. Gan klo pake adaptor 12v2a bikin seri 24 lampu led 1watt bisa gak usah pararel??

    ReplyDelete
  5. http://2.bp.blogspot.com/-lM4nJ2bPsvQ/Ve6kyK0R5xI/AAAAAAAABVw/wA5UIcKLSSQ/s280/Cara%2BPasang%2BLampu%2BLED%2Bseri%2Bdan%2BParalel%2B24%2BVolt.jpg

    Klo satu lampu mati...mungkin ga bisa jd fliker

    ReplyDelete
  6. Mw tnya mas klo led 3w dgn 12v gmn ya..trims

    ReplyDelete
  7. Mas kalau saya pake trafo 1 A sebagai supply arus. ngaruh di pencahayaan nya ga!? Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  8. om mau tanya kalo misalkan led nya 30biji harus tambah apa ?

    ReplyDelete
  9. Iya tuh om kalo led 3w arus e 12v pake rumus apa

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kalo 72 lead brrti brpa wat gan?

    ReplyDelete
  12. Kalo 72 lead brrti brpa wat gan?

    ReplyDelete
  13. Kalo leadnya 72 brrti brpa kapastiornya??

    ReplyDelete
  14. saya pnya power suplay 10 ampere 12 volt.mau padang led 3 watt 12 volt kuat brapa pcs ya..ada rumusnya.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu ya.. 10 A 12VDC : 120Watt DC

      Bebas mau pake brp banyak disesuaikan aja dgn kemampuan supplynya ..

      Cth kita pake LED 5Watt biru dgn tegangan supply 3-3.5VDC
      Maka jumlah led yg dapat dipakai adalah kombinasi seri 4 dan paralel 6

      Semoga dpt membantu..

      Delete
    2. Bang mau tanya nih klo lampu led led 7 wat tegangan masuk220-240 v daya masukan 7watt brpa resistor yg harus di pake supaya resistornya gk panas?

      Delete
  15. bang saya ada hpl 10w gmna rangkaian ya yg tolong bkinin skemanya donk bang trims

    ReplyDelete
  16. gambar skemanya donk buat hpl 10 w arus dari aki 12vdc trims

    ReplyDelete
  17. Kalau pakai adaptor 1 ampere.. berarti brp saya harus pakai HPL 1 watt?

    ReplyDelete
  18. Kalau pakai adaptor 1 ampere.. berarti brp saya harus pakai HPL 1 watt?

    ReplyDelete
  19. Travo skunder 500mA dg rangkaian power sipply ic regulator 7812 2x kr2 brp led dan pa ada pnmbhan dg resistor trim

    ReplyDelete
  20. postingan ente yg led untuk sepeda ontel. 8x3watt masing2 seri 4buah. sumber tegangan jelas 12volt,, tp berapa mA arusnya? gimna ya gan ane kurang paham. kl sumber acu motor 12 v 3,5ampere.. apa bisa dengan cara seperti itu. kl voltase untuk led ok masih toleransi bila di seri 4 buah. untuk kuat arusnya apa gk berlebihan. jika sumber catudaya 12v 3,5ampere. maaf ya gan ane newbie sekedar bertanya..

    ReplyDelete
  21. Kalo adapter12 volt arus 500Ma bisa pake berapa led om...

    ReplyDelete
  22. Kalo adapter 12 volt arus 500 ma bida pake berapa led om..???

    ReplyDelete
  23. Mas mau nanya. Saya sangat tertarik rangkaian lednya tanpa resistor. Agar led diy saya awet bagaimana si cara mengitung rangkaian seri dan paralelnya kalo menggunakan psu? Psunya pake yg berapa v dan i nya, makasih banyak mas. Mohon bimbinganya

    ReplyDelete
  24. Saya punya charger bekas laptop 19v
    Pengen bikin lampu LED buat aquascape
    Mohon bantuan'y 😁
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin bantu...itu berapa amper charger leptop xa...kalow amper udah tau gampang ngitung led xa...coba anda liat brapa amper carger xa

      Delete
  25. gan saya kebetulan ada adaptor 12v pengen buat juga. trus itu harus pake resistor apa engga

    ReplyDelete
  26. Gan saya punya adaptor sama persis 12v 2ampere, nah saya mau rakit 3 warna hpl led dengan spek 1watt 3-3,2v tapi nilai mA berbeda satu warna ada yang 280mA sedangkan 2 lainnya 300mA, apa rangkaian seperti gambar di atas masih berlaku untuk merakit secara 3 seri 6 paralel?

    ReplyDelete
  27. Saya pasang 3 LED pakai driver untuk 3 LED..kenapa hanya bertahan 2 mgu atau 1 mgu an..ada yang salah dalam perakitan?

    ReplyDelete
  28. Gan sya punya adpter bekas tv 19v 2,4A.
    Mau sya buat lampu strip 12A. Kira2 bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 19:3 = 6,33 di bulatkan jadi 6 seri
      2,4:0,3= 8 jadi bisa bikin 8 paralel.
      Total 6x8 = 48 PCS LED ukuran 1watt gan..
      Hehe.. newbi masih belajar gan

      Delete
  29. Mas klo pke adaptor output 7,5V 2,8A maksimal led yg bisa di pakai brp buah ukuran led 1 watt...
    Makasih

    ReplyDelete
  30. Gan itu adaptor 12 volt 2 ampere berti 24 led itu tanpa di kasi resitor y

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Berapa banyak led hpl yang di gunakan untk adaptor 12v 15A??
    Dan harus di rangkai seri/paralel??

    ReplyDelete
  33. Gan bisa tolong bikinin skwma buat led hpl 1w x 40pcs?

    ReplyDelete
  34. Om kalo mau bikin 12watt pke 12volt 2A..rangkainya gmna...

    ReplyDelete
  35. 1 ampere bukan nya 220 volt ya..hehehe

    ReplyDelete
  36. suhu tanya
    kalao adapto2 2 Ampher 12 volt seperti di atas apakah harus 4 seri 6 pararel led 1w seperti diatas

    ato bolehkah saya hanya pasang 1 rangkaian seri saja dengan 4 led

    terima ksih sebelumnya atas penjelasannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Aluminium PCB untuk Lampu LED

Ide dari video cara membuat aluminium PCB (Printed Circuit Board) ini adalah ketika saya akan membuat lampu LED untuk rumah saya, tetapi kendala yang saya dapat adalah ketika memasang LED SMD 5730 ke PCB. Awalnya saya menggunakan PCB biasa yang berwarna coklat berlapis tembaga tetapi hasilnya tidak memuaskan karena PCB biasa tidak dapat menyerap panas dengan baik dan lampu LED SMD 5730 saya lama kelamaan berubah warna menjadi kuning gelap karena suhu yang terus meningkat sehingga membuat intensitas cahaya chip LED smd 5730 saya menjadi berkurang dan mati. Dengan mencari berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini akhirnya saya menemukan cara bagaimana membuat PCB aluminium di rumah untuk lampu LED saya.  Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aluminium PCB’s : 1.        Aluminium Persegi (atau bentuk apapun boleh) 2.        Tape Tembaga 5mm 3.        Timah 4.        LED SMD 5730 atau SMD 5630 Alat-alat yang dibutuhkan : 1.        Solder timah 2.

Cara Membuat Lampu LED AC 220V 10 Watt

Lampu LED saat ini adalah lampu yang sangat hemat energi di bandi ng dengan pendahulunya yaitu lampu Neon ,CFl atau lampu hemat energi yang berbentuk tornado dari philips dan apa lagi jika dibandingkan dengan lampu Pijar kuning yang masih di pakai hingga saat ini. Video Cara membuat lampu LED 10 Watt disini saya menggunakan lampu LED SMD 5730 dengan specifikasi mempunyai tegangan 3,3-3,6 Volt, Arus maksimum 150mA atau 0,15 Ampere. Chip LED SMD5730 ini berukuran 5,7mm X 3,0 mm, sangat kecil memang tetapi mempunyai daya 0,5Watt tiap CHIP. Jika di ukur menggunakan alat ukur cahaya LED SMD 5730 ini mempunyai luminous flux (kekuatan cahaya-menurut bahasa penulis) sebesar 50-65 lumen (satuan cahaya). Oh iya Lampu LED bisa di beli di  http://luminbox.com/. Dari yang saya baca di kemasan lampu CFL 23 Watt mempunyai Luminous Flux sebesar 1035 Lm. Jadi untuk membuat lampu yang setara dengan kekuatan cahaya tersebut dibutuhkan : 1035 Lm : 65 Lm=15,9 LED SMD 5730  Atau kalau di