Skip to main content

Cara Membuat Lampu LED Bulb dari Botol REXONA

Berikut Adalah Video Tutorial Cara Membuat Lampu LED Bulb/Bohlam 220VAC menggunakanCasing Rexona. Klik Link Video Diatas untuk melihat lampu led rexona 220VAC. Saya menggunakan lampu LED jenis SMD 3528 yang dapat dibeli di http://luminbox.com/. LED SMD 3528 memiliki tegangan maximum sebesar 3,5 Volt dan arus 20mA atau 0,02 Ampere. LED ini mempunyai Daya yang kecil yaitu sebesar 0,06-0,07 watt sehingga sangat hemat jika diaplikasikan untuk berbagai penerangan seperti lampu rumah,lampu kamar mandi,lampu malam, untuk automotive dan sebagainnya.
Di Video tutorial cara membuat lampu penerangan untuk rumah ini saya menggunakan 12 LED SMD 3528 sehingga kalau di hitung daya yang di serap sebesar 0,07 X 12 LED = 0,84 Watt. lampu ini bisa di gunakan untuk lampu kamar mandi dan lampu tidur.  Jika ingin membuat Daya yang lebih besar maka anda bisa menaikannya dengan hanya menambah lampu LED SMD 3528 secara seri maksimum 60 LED atau setara dengan 4-5Watt.

Untuk lebih jelasnnya berikut Langkah-langkah perakitan lampu LED dari botol Rexona untuk pemakaian lampu LED di rumah, yaitu cara membuat power supplay trasformerless power supplay atau power supplay tanpa transformator/trafo.


Langkah Pertama yaitu menghubungkan Resistor 390K Ohm secara palarel dengan Capasitor 680nF/450VAC


Langkah ke Dua yaitu dari ke empat dioda IN4007 dua dioda diseri dan dua dioda lagi diseri kemudian kedua dioda yang sudah di seri dihubungkan palarel. Kalau bingung lihat video yang pernah saya posting Cara membuat lampu LED untuk rumah dengan led SMD 5730.

Kemudian Langkah ke tiga salah satu dioda yang diseri, bagian katoda dan anoda yang diseri dihubungkan ke salah satu kaki capasitor 680nF/450V 

Untuk Langkah ke empat  saatnya memasang capasitor elektrolit (elco) 1uF/450V. perhatikan gambar capasitor elco, capasitor elco yang terdapat strip garis putih adalah polaritas (-)  di hubungkan ke  anoda dan kaki capasitor elco di hubungkan ke katoda. Setelah itu sambungkan resistor  ukuran 50-56 Ohm ukuran 1/4 watt (khusus lampu LED berdaya rendah) juga boleh tapi di sini saya menggunakan ukuran 1 watt (karena kehabisan)  ke kaki capasitor mylar 680nF di kaki satunya lagi.

Langkah ke lima hubungkan seri resistor 500KOhm palarel dengan elco.

Langkah ke enam hubungkan kabel untuk menghubungkan ke soket e27 lampu led. yaitu dengan menghubungkan  kabel satunya ke resistor 50-56Ohm  dan satunya lagi ke dioda yang menghubungkan seri anoda dan katoda. Lihat skema rangkaian lampu LED jika bingung.

Cara Buat power supplay lampu LED
Langkah ke Tujuh yaitu mengubungkan kabel untuk LED SMD 3528, yaitu dengan menghubungkan palarel ke capasitor elco.

Dan langkah selanjutnya adalah  membuat rangkaian LED smd 3528 dengan cara di pasang secara seri. Sebelumnya saya menggunakan  ring yang saya spray dengan pylox warna putih agar ada lapisan isolator yang mencegak koslet antara LED dan saya tempel Cooper Tape ( beli di Luminbox.com), tapi tiba2 hilang jadi saya solder tanpa pcb. lihat gambar dibawah.



Gambar di bawah menunjukan bola roll yang ada di botol Rexona saya potong sebagian agar lampu LED SMD 3528 bisa masuk ke dalam.

Soket E27 saya dapatkan dari casing lampu CFL hemat energi yang saya potong hingga seperti gambar di bawah
akhirnya karenat tidak jadi pakai PCB untuk LED, maka saya solder tanpa pcb. cara soldernya sama seperti video saya tentang Cara membuat lampu LED sein kuning
Gambar dibawah adalah hasil jadinya, soket E27 saya lem menggnakan lem Dextone, tapi terserah tergantung kreasi anda masing2 mau di lem pakai apa saja yang penting kuat.

Cara buat lampu led bohlam
Dan berikut adalah skema atau rangkaian lampu LED smd 2835 menggunakan transformerless power supplay

Skema Lampu LED 220 V ac


Comments

  1. terimakasih gan. tambah lagi gan informasinyah
    visit http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  2. Gan. Kalau kapasitornya di ganti 330nF/400v bisa ngak?

    ReplyDelete
  3. mas, mau tanya klo saya pake led cree 7 buah, yg harus dirubah yg mana saja?
    trus pake tegangan yg berapa

    ReplyDelete
  4. mas, mau tanya klo saya pake led cree 7 buah, yg harus dirubah yg mana saja?
    trus pake tegangan yg berapa

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Makasih gan

    Visit http://ilhamsazili.blogspot.co.id/2015/12/cara-cepat-memperbanyak-pengunjung-blog.html

    ReplyDelete
  7. Mohon petunjuk, resistor 500K Ohm & 390K Ohm nya malah kebakar.
    Masalahnya dimana ya?

    ReplyDelete
  8. Blog Yang bagus., untuk tips yang lain silakan coba
    http://YouthToEarn.com/?ref=590844

    ReplyDelete
  9. kalau LED nya memakai smd 3570 dan hanya 6 biji yang dirubah apanya ya Gan ?

    ReplyDelete
  10. Gan klo di tambah led smd nya apa resistor nya di ganti

    ReplyDelete
  11. Gan klo di tambah led smd nya apa resistor nya di ganti

    ReplyDelete
  12. rangkaian diatas minim berapa LED..?
    misal LED SMD 2835 diganti LED biasa putih apa perlu dirubah dr rangkaian diatas..?

    ReplyDelete
  13. Gan, aku coba buat lampu strobo tapi aku ganti dengan led warna biru.
    Tapi gk ndak kedip gan? Apa ada yg salah pada sambungannya?

    ReplyDelete
  14. Gan, kalau pakai LED korek api bisa g??
    Kan tegangannya sama 3-3,5 v, 20ma.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memasang LED 1 Watt Secar Seri dan Paralel pada Adaptor 12 V 2 A tanpa LED Driver

Postingan kali ini saya akan menjelaskan berapa Lampu LED yang bisa dipasang jika kita menggunakan power supplay tertentu. Sumber listrik yang digunakan bisa  berasal dari berbagai  power supplay atau macam-macam baterai. Berikut adalah contoh perhitungannya dari sumber Adaptor Adaptor  12Volt , Arus 2 Ampere Jika menggunakan adaptor  12 volt dengan arus 2 Ampere maka total daya yang bisa dihasilkan oleh adaptor ini adalah sebesar P=I x V = 2 x 12 = 24 Watt, dimana I adalah Arus dan V adalah Tegangan. Nah...daya yang dihasilkan dari adaptor sebesar 24 watt maka LED yang bisa digunakan maksimal  24 watt juga. Misalnya saya mau memakai LED 1 w dengan arus LED 0,3A dan tegangan 3-3,5 Volt ke adaptor tersebut, maka Jumlah maksimum LED yang bisa saya pakai adalah: Perlu diingat disini saya tidak menggunakan driver LED jadi saya akan pasang led secara seri sebanyak 4 pcs, karena 12 volt dari adaptor dibagi 3 volt dari tegangan led adalah 4 pcs N seri = V adaptor : V LED = 1

Cara Membuat Aluminium PCB untuk Lampu LED

Ide dari video cara membuat aluminium PCB (Printed Circuit Board) ini adalah ketika saya akan membuat lampu LED untuk rumah saya, tetapi kendala yang saya dapat adalah ketika memasang LED SMD 5730 ke PCB. Awalnya saya menggunakan PCB biasa yang berwarna coklat berlapis tembaga tetapi hasilnya tidak memuaskan karena PCB biasa tidak dapat menyerap panas dengan baik dan lampu LED SMD 5730 saya lama kelamaan berubah warna menjadi kuning gelap karena suhu yang terus meningkat sehingga membuat intensitas cahaya chip LED smd 5730 saya menjadi berkurang dan mati. Dengan mencari berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini akhirnya saya menemukan cara bagaimana membuat PCB aluminium di rumah untuk lampu LED saya.  Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aluminium PCB’s : 1.        Aluminium Persegi (atau bentuk apapun boleh) 2.        Tape Tembaga 5mm 3.        Timah 4.        LED SMD 5730 atau SMD 5630 Alat-alat yang dibutuhkan : 1.        Solder timah 2.

Cara Membuat Lampu LED AC 220V 10 Watt

Lampu LED saat ini adalah lampu yang sangat hemat energi di bandi ng dengan pendahulunya yaitu lampu Neon ,CFl atau lampu hemat energi yang berbentuk tornado dari philips dan apa lagi jika dibandingkan dengan lampu Pijar kuning yang masih di pakai hingga saat ini. Video Cara membuat lampu LED 10 Watt disini saya menggunakan lampu LED SMD 5730 dengan specifikasi mempunyai tegangan 3,3-3,6 Volt, Arus maksimum 150mA atau 0,15 Ampere. Chip LED SMD5730 ini berukuran 5,7mm X 3,0 mm, sangat kecil memang tetapi mempunyai daya 0,5Watt tiap CHIP. Jika di ukur menggunakan alat ukur cahaya LED SMD 5730 ini mempunyai luminous flux (kekuatan cahaya-menurut bahasa penulis) sebesar 50-65 lumen (satuan cahaya). Oh iya Lampu LED bisa di beli di  http://luminbox.com/. Dari yang saya baca di kemasan lampu CFL 23 Watt mempunyai Luminous Flux sebesar 1035 Lm. Jadi untuk membuat lampu yang setara dengan kekuatan cahaya tersebut dibutuhkan : 1035 Lm : 65 Lm=15,9 LED SMD 5730  Atau kalau di